Jumat, 29 Juli 2011

PROGRAM UNGGULAN: MEMBANGON EKONOMI DARI PASAR

Care bepikir kite dalam mambangon ekonomi dah haros kite robah. Care bepikir kite untuk ngembangkan ekonomi daerah selalu terpaku pada dukungan infrastruktur same produksi. Di sektor pertanian program-program yang dikembangkan lebeh banyak pade pengembangan irigasi, jalan usaha tani, bantuan bibit atau peningkatan hasil produksi. Yang lainpun same tak beri jak.
Mestinye usahe nak membangon ekonomi tu diawali dari pasar. Pemerintah daerah haros fokus kepade pengembangan pasar. Kalau pasar dah tebuka, pandai jak petani, nelayan, pedagang, industriawan bangon sorang kualitas dan kuantitas produksi mereke. 
Pengembangan ekonomi yang berawal dari pasar pernah dicontohkan same pedagang jerok Kalbar di era tahon 80 - 90 an. Menurot cerite, beberape orang pedagang Tionghoa asal Sambas waktu itu melakukan promosi dan pengembangan jaringan penjualan jerok di Pulau Jawe. Dengan strategi pengembangan pasar yang militan dari beberape pedagang jerok tu, akhirnye produk jerok Tebas  yang berkualitas, unik dan punye harge yang kompetitif dibandengkan produk sejenis dari daerah lainnye tu, berhasel merajai pasar jerok nusantara. Hah, begitu permintaan jerok meningkat, masyarakatpon belomba-lomba jadi petani. Bahkan banyak pegawai negeri yang ikot-ikotan jadi petani. Yang udah jadi petani maken besemangat meningkatkan hasel produksinye. Walhasel, jerokpun jadi primadona pendapatan ekonomi masyarakat pantai utara. Tapi sayangnye jaman keemasan itu hancor lebor gare-gare ketamakan Rezim Pak Harto.

Nah, kedepan care para pedagang Tionghoa tu ngembangkan pasar untuk jual jerok dari Tebas boleh kite tiru. Carenye kite haros petakan produk kite yang kompetitif (unik, berkalitas, spesifik) tros buat laskar pedagangnye, beckup mereke buat kembangkan pasar di Pulau Jawe sampai ke luar negeri. Kalau pasar bekembang, nanti para produsen pasti akan besemangat untuk bekerje, lembaga keuanganpon akan melomba-lomba tanpa disuroh, ngocorkan pinjaman untuk masyarakat.

Hah, supaye tadak dibilang bisenye ngomong jak, pasangan cam yeye udah membangon pasar buat masyarakat Kalbar, yaitu Pasar Seni Kalbar same Pasar Barang Second. Karena tak beduet, kedua pasar itu dibangon di dunia maya untok memfasilitasi masyarakat Kalbar dalam berekonomi. Lewat pasar dunie maya itu mudah-mudahan ade pertemuan antare penawaran dan permintaan, antare penjual dan pembeli, antare produsen same konsumen. Mudah-mudahan jak pasar ini kenak respon same kawan-kawan. Kalao tadakpon tak pape. Yang penteng jangan tahan niat dan ide baek. Karene niat dan ide baek akan tetap baek saat ini dan akan jadi lebeh baik di masa yang akan datang. 

Tidak ada komentar: