Minggu, 10 Juli 2011

Memimpen Laskar Pengusahe, Meniru Lamongan

oleh: Beni Sulastiyo
Bungben

Sekarang tu, kepala daerah identik sebagai pemimpin birokrasi. Kerjaannye rapat teros dengan kepala dinas. Cobe gak sekali-sekali rapat dengan pengusaha kecik. Pengusaha kecik tu penting, soalnye merekelah yang menjadi tulang punggong perekonomian daerah. Cobe kite piker kalao sehari jak warong kopi Ameng tutop, berape transaksi offline dan online yang gagal, berape banyak karyawan yang kenak pecat. Sekarang ni, ade ratosan bahkan ribuan warkop di Kalbar. Pengusahe kecik tu termasuklah para petani, pengusaha penggiling padi, distributor pupok dan alat-alat pertanian, pedagang warong kelontong, pembuat kue bingke, lempok, atau terasi. Termasok pulak nelayan yang berbisnis hasil tangkapan dilaot.

Hah, kite perlu menjadikan mereke prioritas untuk dipimpin supaye bise lebeh cepat membangun perekonomian daerah, mengentaskan pengagguran, menjadi bagian dari rantai produksi dan pemasaran hingge menyelesaikan masalah kemiskenan.

Kalau kamek jadi gubernor niii, para pengusahe tu mau kamek organisir dan kamek jadikan laskar pengusahe. Kalau masih memungkinkan, mau kamek ajak untok intensifikasi usahanye. Kame akan dukong intensifikasi usahe mereke tu dengan program yang riil. Kalau pengusahenye udah mapan, kamek akan buat strategi supaye pengusaha kecik tu bise ekspansi. Ekspansinye tu dah dicontohkan seperti Pecel Lele Lamongan.

Cobe gak kite liat pecel lele lamongan 5 tahon yang lalu, tak ade satupun di Pontianak, ape agik di Kalbar. Tapi sekarang, sampai di Jagoi Babang, daerah perbatasan tempat jin betendang  tu pon adek gak bende tu.

Ape hebatnye Pecel lele lamogan tuu?

Pengusahe asal Jawa Timur tuu punye semangat gotong royong dan kebersamaan yang tinggi serte punye jiwe berbagi. Contoh jak, semunye kompak pakai brand Pecel Lele Lamongan. Orang yang pakai Brand itu tadak dikenakan royalty segale, semue orang bebas menggunekannye. Merekepun mengawalinye dengan kebersamaan yang tinggi, dimulai dari ngeliat lokasi, menyebarkan informasi, hingge mengajak pengusaha sekerjenye untuk ekspansi. Akhirnye? Cobelah kite liat sekarang tu perkembangannye. Luar biase. Dulunye jualan ngemper di halam bengkel Si Acai, dua tahun berikotnye, bengkel itu dibeliknye. Dan itu terjadi dimane-mane di Kalbar ni, sampai daerah-daerah pelosok sanak. Kalau satu pecel lele bise memperkejekan 5 orang karyawan jak, berarti ade 5000 orang yang terselamatkan dari 1000 gerai pecel lele lamongan itu.

Kalau niat kite tu nak mecahkan masalah pengaggoran dan kemiskinan, yang kayak ginilah yang perlu diusahakan, bukan malah buka perkebonan sawit besar-besaran hingge hutan jadi abes.

Hah, setiap pengusahe tu haros kite buatkan laskarnye untuk ekspansi. Kue Bingke Al-Fajar haros bise buka gerai di Jogja, bandung, jakarta. Bubor pedas Pak Ngah, atau Mie Tiaw Antasari harus bise buka di seantero Nusantara. Biseke? biselah, kan udah ade teknologi mutakhirnye, yaitu franchise. Tinggal kite buatkan brandnye, standirsasi produk dan layanannye, bikinkan sistemnye, promosikan, beckup permodalan sikit. Jalanlah udah. Gampang jak. Acam yeye!

Tidak ada komentar: