Senin, 11 Juli 2011

Tips Ngembangkan Kecerdasan Buah Hati Kite


Sebagai calon Gubernur, banyak gak pertanyaan yang diajukan same konstituen. Cam yeye jak konsituen ni, Pertanyaannye ade yang serius, ade gak pertanyaan yang hanye sekedar menguji kemampuan kamek ngejawab pertanyaan. Apepon pertanyaan rakyat, kewajiban sayelah untok ngejawabnye heheee, cam yeye. 


Kali ini ade yang bertanya tentang  tips mengembangkan kecerdasan untuk anak-anak kite diromah. Secare cam yeye saye nyobe ngasek tips, seperti ini:

  1. Jaohkan diri anak kite dari pemikeran mistik (pecaya antu, takot dengan gelap). Supaye anak kite bise tumboh jadi budak yang pemberani. Kalau anak kite jadi seorang yang  pemberani, make die akan mencarek ape yang ingin ia ketahui secara lebih progressif.
  2. Jaohkan anak kite dari sifat tidak jujor (bohong, janji tak ditepati). Orang suke bohhong tu akan tumboh menjadi orang yang penakot, tadak pecaya direk, suke nyalahkan orang dan nyarik-nyarik kesalahan orang laen, tak bise memahmi kelemahan dan kekuatan direk sorang.
  3. Latehlah imaginasi anak-anak kite dengan berbagai care. Misalnye suroh anak kite menggambarkan dan menyebutkan secare runtut instrument tubuh, bende-bende dikamar/ diromah. Soroh gak die menggambar dan sereng-serenglah ceritekan anak kite dengan cerite dongeng atau cerite apejak yang bise melateh imaginasi mereke.
  4. Lateh mereke supaye bise bercerite keseharian secare runton (tentang jalan-jalan, tentang makanan, tentang sekolah dan kegiatan keseharian lainnya).
  5. Ajarkan mereke membace. Membaca lebih penting daripade menulis. 
  6. Ajarkan mereke menulis dengan menggunekan keyboard/ hp. Targetnye mereke bisa menuliskan apa yang mereka dengar, lihat dan rasakan. Kalao  pakai tangan, terlalu lama.
  7. Kembangkan imaginasi mereke, Einsten bilang: imganiation is more important than knowledge! hehee, cam yeye! Suroh anak kite menjadi seakan-akan seorang tokoh, seorang dokter, supermen, atau gubernor kayak kamek nii, hehe.
  8. Ajarkan mereka dengan etika dan care menilai benar atau salah.


Mudah-mudahan dengan tips ini, anak-anak kite bise tumboh jadi manusie Indonesia yang berani dan tak punya rasa takut! Hehee, cam yeye!

Rekanjuangmu,

Beni Sulastiyo

Tidak ada komentar: