Minggu, 10 Juli 2011

SEKILAS TENTANG BUNGBEN, CALON GUBERNOR CAM YEYE



Bukan politisi, partai tak punye, duetpun tadak, tibe-tibe nyalonkan direk jadi pasangan calon Gubernur Kalbar. Ini ni pemilehan Gubernur! Bukan pemilihan Ketua RT! Cam yeye gak budak beduak ni.

Siape sebenarnye budak tuu? 
Lagak gak, nak nyalon Gubernor segale? 

Beni Sulastiyo atau biase yang disapa Bungben, laher di Pontianak 36 taon yang lalu, tepatnye tanggal 28 Oktober 1974.  Budak beperawakan kuros tinggi nii dolok sempat sekolah di SD 07, kampong Mariana, Pontianak, tapi menamatkan sekolah dasarnye di SDN 09 Pemangkat. Mase SMP hingge SMA nye die habeskan di Kote Cilacap, sebuah kote industri yang bedekatan dengan Pulau Nusakambangan, Provinsi Jawa Tengah. 

Sewaktu Mahasiswa, di Kote Jogjakarta, budak yang pacak maenkan komputer ni, aktif diberbagai organisasi. Mulai dari organisasi kampong sampai organisasi berskale Nasional. Di kampong tempat die ngekos, die sempat menjadi wakil ketua Tempat Pengajian Al-Quraan (TPA) yang berlokasi di Masjid Nurul Fajri, dekat Stadion Mandalakrida, Yogyakarta.

Di kampus die mendirikan Himpunan Mahasiswa Manajemen lalu menjadi ketuenye selama setaon lebeh. Diepun ikot mendirikan Klinik Kewirausahaan bersame kawan-kawannye yang misinye untuk memberdayakan pengusaha kecil di pinggiran Kote Yogyakarta. Tak hanye itu, saat aktivitas kampus maseh dalam pengawasan ketat rezim penguase, bersame kawan-kawannye die merombak sistem organisasi kampus dengan menganut sistem Trias Politica. Cam iye-iye, organisasi kampus dibuatnye kayak negare jak, ade parlemennye, ade eksekutifnye. Saat pemilihan Ketue Senat dilakukan die kalah dari kawannye, seorang aktivis jalanan yang negetop seantero jogja. Orang itu namenye Herry Sebayang. Herry Sebayang saat ini menjadi salah satu staf khusus Presiden SBY di Jakarta. Waktu itu Beni Sulastiyo tuu, jadi runner up dan berhak menjabat sebagai  Sekretaris Senat Mahasiswa. Beberape bulan sebelom mase kepengurusan habes, Ketue Senat mengundorkan diri, make secare otomatis diepun menjabat sebagai Ketue Senat Mahasiswa Sementare di Kampus Kebangsaan, Universitas Janabadra. 

Sambel jadi aktivis Kampus, diepun aktif dalam gerakan aksi demonstrasi yang dikenal sebagai Gerakan Reformasi 98. Bersame rekan rekannye die turot mendirikan Forum Komunikasi Mahasiswa Jogjakarta yang beranggotakan pulohan Kampus yang berhasil dihimpunnye same-same. Di Luar kampus Bungben juga aktif di organisasi Persatuan Perjuangan Pemuda Yogyakarta (P3Y). Dua organisasi itulah yang sangat intens mengorganisir gerakan demonstrasi skala besar di Yogyakarta yang berpuncak pada gerakan sejuta rakyat tanggal 20 Mei 1998.

Balek dari Yogyakarta, Budak yang tak bise diam niii, mendirikan forum kajian budaya. Bersame Pradono, Indra Vijaya, dll, die mendirikan Kelompok Kajian Budaya Belampar. Belampar pun kemudian berubah menjadi Yayasan Bangun Insan dan Budaya Rakyat (BIDAR). 

Keinginan yang besar untuk memajukan tanah kelahirannye, menjadikan die untok memutoskan begabung sebagai anggota dengan tim sukses Usman Ja'far, calon Gubernor Kalbar saat itu. Keputusan itu adalah keputosan yang sangat berat die lakukan karena sudah menyentuh wilayah politik- kekuasaan. 

Sambel diskusi dan membangun gerakan budaya, serta menjadi tim komunikasi Calon Gubernor Kalbar saat itu, Bungben, mendirikan bisnis kecil-kecilan untuk menopang kebutuhan hidupnye. Diepun mendirikan CV. Arombe Karya (ARKA) tahun 2004 bersame 2 saudarenye, Aris dan Romi. ARKA adalah perusahaan yang begerak di bidang percetakan, desain grafis, outdoor advetising serta event organizer. Perusahaan itu maju pesat sehingga mampu agak dominan di pasar outdoor advertising dan event organizer di Kalbar.

Suksesnye Usman Ja'far jadi Gubernor Kalbar, rupenye tak membuatnye betah dilingkar kekuasaan. Saat rekannye mengajak merantau di daerah perbatasan, diepun hengkang dari lingkar tim sukses lalu menjadi Manajer di 3 perusahaan Perkebunan asal Malaysia. Sekitar 8 bulan Bungben mampu bertahan di Perusahaan perkebunan itu karena tak tahan ngeliat pohon-pohon besak kenak tebang dan tumbang, sehingge akhirnye die memutoskan balek agik ke Pontianak untuk mengelola perusahaannye. 

Kali ini selain mengelola perusahaannye, diepun mulai mempelajari ilmu komunikasi massa seiring dengan diterapkannye pemilihan kepala daerah secara langsung. Beberapa elit politik die bantu proses komunikasinye, seperti H.Gusti Hersan, Hasan Karman-Edy Yacoub, dan Syarif Abdullah. Di Pemilu 2009 die juga mengaplikasikan ilmunye dengan membantu proses komunikasi beberapa calon legislatif.

Sambel jadi praktisi komunikasi, pemude yang menikah dengan Trisna Handayani ini, juga mengajar sebagai dosen manajemen pemasaran di Akademi Manajemen Perusahaan Panca Bhakti. Karene kedekatannye dengan mahasiswa, oleh pengelola kampus die diangkat menjadi Direktur bidang kemahasiswaan. Waktu menjabat sebagai Direktur bidang kemahasiswaan, macam-macam hal yang dibuatnye dikampus yang hampir sekarat itu. Mulai dari merubah logo kampus, merobah desain jas almamater, mendirikan lembaga studi, hingge mencari bantuan ke Pemerintah Pusat. Karena tangan dinginnye, kampus yang awalnye hanye menerima 20 orang mahasiswa jak setahon, meningkat menjadi lebeh dari 40 orang setahon. Bantuan pemerintahanpun bise die usahakan karene kepiawainnye membuat proposal dan kedekatannye dengan beberapa orang penting di pusat. Kampus yang semule redop, tibe-tibe punye lab komputer berspesifikasi tinggi, diepun menggratiskan jaringan internet buat mahasiswa kampus. Jadilah orang-orang yang kebanyakan berasal dari kampong tu jadi ngerti gak dengan dunie maya. Diepun sempat melobi koleganya, tokoh Masyarakat Kayong Utara, Hildy Hamid, BA untuk membiayai uang masok kuliah mashasiswa asal Kayong Utara di Kampusnye. Lalu bersame rekan-rekan pengelola kampus lainnye die memperjuangkan orang-orang Kayong Utara tu supaye bise dapat beasiswa semue. Walhasil, 18 orang mahasiswa tu tadak keluar duet same sekali selame mereke kuliah.

Tak betah sebagai Pejabat formal, die akhirnye memutoskan untuk mengundurkan diri dari Jabatan Direktur Bidang Kemahasiswaan dan melanjutkan usahanye sebagai konsultan dan praktisi komunikasi.

Situasi negara yang carut marut akhir-akhir ini mendorong ayah dari Khansa Wihikan Mahandani (6 tahun) serta Gilang Muhammad Afiq (2,5 tahun) ini kembali berkiprah dalam dunia sosial politik. Bersame rekan-rekan mantan aktivis die mendirikan SWADESI (Serikat Wirausahawan Muda Indonesia). Dan membuat blog pemebelajaran mandiri untuk Pemuda Indonesia yang die kasik name Kampus Perjuangan (www.kampus-perjuangan.blogspot.com).

Sewaktu asik-asik menikmati kopi susu di warong kopi, muncul idenye untuk memecahkan kebekuan dalam dunia perpoitikan di daerah. Dunie Politik di daerah menurutnye semakin membosankan, selain menjual kemunafikan, dunie politik daerah juga dianggapnye tadak mendidik masyarakat menjadi warga negara yang cerdas. Die juga mengkritik media komunikasi para elit yang dinilainye terlalu narsis dan tak jelas pesan edukasinye. Tanpa mempertimbangkan masak-masak, diepun menyatakan keinginannye untuk mencalonkan direk jadi Gubernor Kalbar. 

Kawan-kawannyepun langsung menyambot niatnye itu dengan kate-kate: "Acam iye-iye kau nii". Diepun menjawab dengan santai, "Ape salahnye mencalonkan direk? Itukan hak semue warga negare, bukan hanye hak orang-orang partai jak!?".

Kawan-kawannyepun teros menyangsikannye. Ade yang bilang tak mungkinlah karene tak punye perahu, tak punye duet, tak punye semuenyelah pokoknye. Bungben pun hanye bilang, "Aku kan bukan nak jadi Gubernor, aku kan hanye 'nyalonkan' jadi Gubernor? Tak ade yang  salah kan?" 

Diepun lalu berceloteh tentang persoalan kebekuan kepemimpinan, tentang redupnye semangat kaum muda, tentang tak kreatifnya kebijakan pembangunan, tentang semakin jaohnye pemimpin dengan rakyatnye, tentang gaye kepemimpinan elit politik yang kemewah-mewahan, dsb. Kawan-kawannyepun lalu mengerti. Dan singkat cerite jadilah Bungben mencalonkan direk sebagai Calon Gubernor Kalbar. Calon Gubernor Cam yeye. (Besambong)

Tidak ada komentar: